Breaking News

Jumat, 09 Januari 2015

Cara Membuat Menu Bar di VB (Visual Basic)

Wiiisss... udah lama banget gue ngak berkecimpung di dunia blog. Semoga aja ngak ada sarang sarang laba-laba sama kecoaknya J
Baiklah gue sekarang akan membahas tentang Program yang bernama Visual Basic, gue disini akan memberikan cara, tips and trik yang gue ketahui tentang visual basic itu sendiri 
Membuat Menu bar di Visual Basic

Pertama buka dahulu aplikasi Visual Basic 6

2.      Setelah itu akan muncul  tampilan seperti di bawah ini


Klik New ==> Standard EXE Lalu pilih Open
3.      Maka akan tampil Project1 – Form1

4.      Pada Menu Tool lalu pilih รจMenu Editor atau juga bisa dengan cara cepatnya yaitu CTRL + E

Atau juga bisa di klik pada Toolbar

5.      Selanjutnya akan keluar tampilan dibawah ini

Lalu isikan Caption dan Name. Nama dari caption ini, nantinya akan tampil pada menu bar sedangkan untuk Name akan digunakan kedalam  Code / Program
Jika sudah selesai mengisinya Klik OK
6.      Maka hasilnya akan tampil kurang lebih seperti gambar dibawah ini
Jadi seperti itulah hasil dari membuat Menu bar di Visual Basic. Mudah kan??? J
Karna gue sekarang dalam mood yang bagus maka sekalian gue akan tunjukan caranya memasukan script kedalam Menu bar tersebut..
Script atau Koding
1.      Rekan-rekan seperjuangan dan  sependeritaan bisa mengklik Menu mana yang akan rekan-rekan masukan script atau perintahnya. Gue disini akan memasukan code ke dalam Menu Login
2.      Klik Menu Login tersebut kemudian akan tampil tampilan dibawah ini
3.      Kalian bisa me-link-kannya kemana saja contohnya:

Form2.Show
Unload Me

Maka nanti jika kalian meng_klik Menu Login maka akan tampil Form2 tersebut dan form2 tersebut akan tertutup/keluar/berhenti otomatis.
Sekian dulu untuk hari ini, karna mata gue tinggal 5 Watt,,
O iya postingan ini gue persembahkan untuk teman2 gue yang sedang mengerjakan Tugas Akhir Visual Basic
Semoga Bermanfaat dan Semoga Kalian Mengerti J J

Designed By